Resep: Ayam Goreng Kuning

Suamiku adalah seorang pecinta sapi dan ikan. Jadi ya selama ini aku lebih sering masak pake sapi dan ikan demi dirinyah. Sampe kemaren itu aku akhirnya dah bosen..sen..sen.. *echo*. Masa tiap saur dan makan malam menunya sapi dan ikan melulu… Jadi ya udah belilah aku ayam kampung seekor buat masak jadi Ayam Goreng Kuning a.k.a Ayam Goreng Berbumbu (istilahnya uda). Resepnya aku ambil di Primarasa: Menu Keluarga Kecil. Kata uda setelah makan, “Enak ndut!”. Ya iya dong… *mode belagu: aktif!*

Ayam Goreng Kuning

Bahan:

  • 1 ekor ayam (900 gram)
  • 3 batang serei, keprek
  • 3 lembar daun salam
  • 400 ml air
  • Minyak goreng

Bumbu Halus:

  • 8 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri sangrai
  • 1 sdm ketumbar sangrai
  • 4 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 4 cm kunyit
  • 2 sdm garam

Cara Membuat:

  1. Potong-potong ayam jadi 8 bagian. Masukkan ke dalam wajan bareng sama serai, daun salam, air dan bumbu halus. Aduk. Ungkep dengan api kecil.
  2. Terus masak sampe ayam jadi lunak dan airnya mengering. Pisahkan bumbunya.
  3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, goreng ayam sampe warnanya kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Masukkan remah-remah bumbu ke dalam wajan bekas menggorang ayam tadi. Goreng sampe kering dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  5. Hidangkan ayam dengan taburan bumbu di atasnya.

Jadinya lumayanlah buat ganti rasa. Pas makan malem aku kelarnya lamaaaa banget. Sibuk ngemutin tulang ayam :D. Eh iya, kalo masaknya pake ayam kampung, bagusnya beli 2 deh ayamnya. Ayam yang aku masak kemaren, kurus banget.. Jadinya cuman dikit deh.. Kan aku si uda sekali makan nggak cukup tu 1 potong..

Btw, ni aku lagi sukaaa banget sama buku Primarasa yang Manu Keluarga Kecil ini. Masakannya nggak terlalu susah dan menunya mirip sama kayak yang biasa aku makan di rumah (Jogja). Berburu buku resep Primarasa lagi aaaahh… Hihihihi…

Oh iya, selamat mencoba~ ^^

4 thoughts on “Resep: Ayam Goreng Kuning

Leave a comment