Resep: Chocolate Chip Scones

Kurang lebih 2 minggu yang lalu, diriku dan keluarga serumah pulang kampung ke Jogja untuk menghadiri acara lamaran adik perempuanku. As usual, kalo pergi sama anak bujang harus sedia cemilan. Paling nggak cemilan buat selama perjalanan dari rumah ke bandara Soetta. Lebay cuman ke bandara aja pake stok cemilan? Sama sekali nggak. Rumahku di Cikarang, kalo lalu lintas lancar bisalah ke bandara 2 jam perjalanan. Nah kalo macet? Errmmm.. Entahlah butuh waktu berapa lama….

Back to cemilan. Diriku males juga kalo makan roti atau biskuit yang beli di toko. Pengen bawa sesuatu yang homemade tapi males yang ribet-ribet.. Dan pilihanku jatuh ke resep scones yang pernah aku liat di blog Joy Of Baking. Dah naksir lama, tapi belum pernah dieksekusi. Jadi di blog Joy of Baking, scones ini yang dimasukkan ke kategori breakfast. Dibaca-baca resepnya cukup simple dan kayaknya perpaduan antara biskuit sama muffin. Well, diriku belum pernah makan scones, jadi cuman bisa mengira-ngira seperti apa rasa dan teksturnya.

Pas dicek, semua bahan yang dibutuhkan ada di rumah. Langsung deh sore hari itu aku eksekusi. Dan ternyata scones itu enak deh. Dan memang pantas dimasukkan ke kategori breakfast. Cepat bikinnya, enak, mengenyangkan dan manis. Well, sebenernya rada kemanisan sih buat aku. Soale aslinya isi dari scone ini chocolate chip dan buah-buahan kering. Chocolate chip yang banyak dijual biasanya yang manis. Sedangkan diriku nggak ada stok buah kering, kacang-kacangan pun sedang tak ada. Jadi yawes, seadanya aja. Dan scones-nya masih enak dan lembut loh pas dimakan keesokan harinya. Besok-besok bikin lagi yang isiannya pake kismis and kacang-kacangan. Resep di bawah ini separo dari resep aslinya di Joy of Baking ya, jadi harap maklum kalo takarannya rada aneh hehehe..

Chocolate Chip Scones

Source: Joy of Baking

Chocolate Chip Scones

Continue reading

Advertisements

Resep: Cheesecake Brownies

Beberapa waktu yang lalu diriku ngidam makan brownies. Tapi mau bikin fudgy brownies pake taburan almond yang biasanya bosen.. Pengen bikin matcha brownies, belum nemu resep yang OK.. Trus diriku liat deh foto orang bikin cheesecake brownies. Kebetulan di rumah lagi ada cream cheese sisa bikin ganache buat cinnamon roll. Langsung deh browsing resep-resep dan akhirnya tertarik sama resep cheesecake brownies dari blog smitten kitchen.

Waktu ngebuat cheesecake brownies diriku sempat diserang keraguan. Soale pas adonan cheesecakenya dituang, kok kayak tenggelam gt ke dalam adonan browniesnya. Tapi ternyata pas udah mateng dan dipotong, garis antara brownies dan cheesecake jelas kok.

Kalo dilihat di foto, hasil browniesku nggak secantik yang aku harapkan (susah euuyy bikin motif swirl-nya), but oh my gawd.. Browniesnya super fudgy dan rasanya sungguh lezat sekali.. Ni brownies menurutku enak disajikan hangat pas baru kelar manggang atau dingin setelah didiemin di kulkas. Kalo suhu ruang biasa malah nggak enak, soale ada cheese cakenya. Anak lelakiku tadinya ogah makan, dia bilang aneh ada kuning-kuningnya. Tapi pas udah didiemin di kulkas and disajikan pas dia kelaperan, si bujang mau juga makan. Bahkan bilang browniesnya ternyata enak banget.. ^^v

Cheesecake Brownies

Sligtly modified from Smitten Kitchen

Cheesecake Brownies

Continue reading

Resep: Tahu Kecap

Sekitar 3-4 tahun yang lalu, aku pernah dimasakin tahu kecap oleh mama mertuaku di Padang. Well, dengan standar makanan padang yang bumbunya super banyak dan mantep itu, aku rada heran sih.. Kok mama masakannya cuman tahu goreng dikasih bawang and kecap.. Rasanya sih enak, aku doyan banget. But, I mean, well, she usually cook balado and gulai. Kalo dibandingin kan ini simple banget. Dan kecap gitu loh, yang kayaknya hampir masuk kategori terlarang di masakan padang.. Dan anehnya suamiku bilang itu salah satu makanan favoritnya dia waktu kecil.. Kecap? Favorit? Suamiku? Yang biasanya protes suka kalo aku bikin tumisan pake kecap?? Really??? *_*

Nah beberapa hari yang lalu pas browsing resep di Instagram, aku nemu akunnya mbak Tiya Rahmatiya. Dari postinganya foto-foto di instagramnya sih aku menyimpulkan mbak Tiya ini orang Bandung dan mbak Tiya juga posting resep tahu kecap. *tring* Langsung kayak ada lampu nyala di kepala. Aku inget tahu kecap bikinan mama. Baru inget kalo dulu mama papa sekeluarga pernah tinggal di Bandung selama beberapa tahun waktu suamiku usia 5 tahunan. Kemungkinan besar banget, mama dapet resep ini ya pas tinggal di Bandung. Makanya tahu kecap ini jadi favoritnya suamiku pas dia kecil.

Pas cek resep dari mbak Tiya kok gampang banget. Nggak pake iris bawang merah dan bawang putih lagi. Manteplah.. Langsung deh aku masak.. Hasilnya, aku dan suamiku bahagia, karena enak! Makasih banyak mbak Tiya untuk resepnya ^^v

Tahu Kecap

Slightly modified from mbak Tiya Rahmatiya

Tahu Kecap

Continue reading

Resep: Chocolate Bread Pudding Ver. 2.0

Resep yang aku pake dalam postingan ini beda dikit sama resep chocolate bread pudding yang aku pernah posting sebelumnya. Aku lebih suka resep yang ini, karena menggunakan lebih sedikit telur, jadi nggak eggy rasanya.

Dalam resep ini tengah puddingnya aku pakein milk cooking chocolate dan taburannya dikasih sliced almond. Kalo mau dikasih taburan lain atau malah nggak pake taburan, bebas. Untuk hasil yang super goey, di antara roti tawar, selain dikasih cooking chocolate, kasih pisang sejenis sunpride yang dipotong tipis. Lalu, kalo pengen lebih nyoklat, pakailah susu cair coklat. Selain lebih nyoklat, hasilnya akan lebih manis. Di sini sih aku pake yang putih aja, menyesuaikan sama stok yang ada di kulkas. Dan terakhir, untuk hasil terbaik, sebaiknya pakai dark cooking chocolate. Well, walau aku menyarankan pake dark cooking chocolate, kali ini aku pake yang milk, soale kemaren salah beli. Kirain aku beli yang dark, sampe rumah baru nyadar kalo ternyata aku belinya yang milk wkkwkwk..

Pada dasarnya, bahan dan taburan yang dipake untuk bread pudding ini bebas sebebas-bebasnya. Suka-suka yang bikin. Yang nggak berubah adalah jumlah roti, telur, mentega, susu dan vanilla extract. Oh ya, resep ini nggak pake gula juga, alasannya karena bahan-bahan yang dipake aku rasa sudah cukup manis. Daaann.. Supaya bisa dimakan pake es kriiiiiim XD

Chocolate Bread Pudding Ver. 2.0

Chocolate Bread Pudding

Continue reading

Resep: Telur Masak Kecap

Akhir-akhir ini aku diserang penyakit males ke pasar. Lauk dan sayur buat makan tergantung dari stok penjual sayur yang ada di deket rumah aja..  Pas beberapa hari yang lalu, diriku cuman punya telur di kulkas. Mau ke tukang sayur juga udah telat, paling bahan lauk yang seru dah pada abis. Jadi ya udah deh, bikin telur ceplok dibumbuin aja.. Bikin cuman dua aja, soale ya yang makan ya cuman aku. Suami kerja, sedangkan untuk anak lelakiku makannya minta pake nasi goreng.

Ini resepnya dulu pernah liat di web tapi trus lupa nggak aku catet, jadi ya aku ngarang-ngarang aja berdasarkan foto resep yang aku inget. Alhamdulillah rasanya enak.. Ya paling dah pada tau cara bikinnya gimana, cuman aku aja yang iseng posting di web. Hihihihi… Oh ya dalam foto kuahnya ngumpet dibalik telurnya. Enak deh kuahnya ^^

Telur Masak Kecap

Telur Masak Kecap

Continue reading