Resep: Tahu Kecap

Sekitar 3-4 tahun yang lalu, aku pernah dimasakin tahu kecap oleh mama mertuaku di Padang. Well, dengan standar makanan padang yang bumbunya super banyak dan mantep itu, aku rada heran sih.. Kok mama masakannya cuman tahu goreng dikasih bawang and kecap.. Rasanya sih enak, aku doyan banget. But, I mean, well, she usually cook balado and gulai. Kalo dibandingin kan ini simple banget. Dan kecap gitu loh, yang kayaknya hampir masuk kategori terlarang di masakan padang.. Dan anehnya suamiku bilang itu salah satu makanan favoritnya dia waktu kecil.. Kecap? Favorit? Suamiku? Yang biasanya protes suka kalo aku bikin tumisan pake kecap?? Really??? *_*

Nah beberapa hari yang lalu pas browsing resep di Instagram, aku nemu akunnya mbak Tiya Rahmatiya. Dari postinganya foto-foto di instagramnya sih aku menyimpulkan mbak Tiya ini orang Bandung dan mbak Tiya juga posting resep tahu kecap. *tring* Langsung kayak ada lampu nyala di kepala. Aku inget tahu kecap bikinan mama. Baru inget kalo dulu mama papa sekeluarga pernah tinggal di Bandung selama beberapa tahun waktu suamiku usia 5 tahunan. Kemungkinan besar banget, mama dapet resep ini ya pas tinggal di Bandung. Makanya tahu kecap ini jadi favoritnya suamiku pas dia kecil.

Pas cek resep dari mbak Tiya kok gampang banget. Nggak pake iris bawang merah dan bawang putih lagi. Manteplah.. Langsung deh aku masak.. Hasilnya, aku dan suamiku bahagia, karena enak! Makasih banyak mbak Tiya untuk resepnya ^^v

Tahu Kecap

Slightly modified from mbak Tiya Rahmatiya

Tahu Kecap

Bahan:

  • 3 tahu kuning
  • 5 siung bawang merah ukuran sedang dan kecil
  • 2 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang, iris-iris
  • 3 buah cabe rawit, iris-iris
  • Beberapa sendok makan kecap (nggak aku ukur hehe)
  • ½ buah tomat, potong-potong
  • Bawang goreng untuk taburan

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak secukupnya, goreng tahu sampai berkulit sisihkan.
  2. Panaskan minyak kembali, tumis bawang merah dan bawang putih sampe mulai terkaramelisasi (warnanya bawang merah translucent dan kecoklatan, jangan sampe coklat banget ya).
  3. Masukkan cabe rawit dan daun bawang, aduk-aduk sampai bawang merah dan bawang putih terkaramelisasi dengan baik.
  4. Masukkan kecap dan biarkan sampe kecap mendidih (cuman beberapa detik aja). Matikan api dan tambahkan tomat. Aduk-aduk sebentar lalu tuang di atas tahu goreng dan taburi dengan bawang goreng.

Pas aku masak ini, bawang putihnya kurang coklat menurutku. Keburu-buru sih masaknya. Ntar bikin lagi ah~

Selamat mencoba~

Leave a comment