Resep: Cheesecake Brownies

Beberapa waktu yang lalu diriku ngidam makan brownies. Tapi mau bikin fudgy brownies pake taburan almond yang biasanya bosen.. Pengen bikin matcha brownies, belum nemu resep yang OK.. Trus diriku liat deh foto orang bikin cheesecake brownies. Kebetulan di rumah lagi ada cream cheese sisa bikin ganache buat cinnamon roll. Langsung deh browsing resep-resep dan akhirnya tertarik sama resep cheesecake brownies dari blog smitten kitchen.

Waktu ngebuat cheesecake brownies diriku sempat diserang keraguan. Soale pas adonan cheesecakenya dituang, kok kayak tenggelam gt ke dalam adonan browniesnya. Tapi ternyata pas udah mateng dan dipotong, garis antara brownies dan cheesecake jelas kok.

Kalo dilihat di foto, hasil browniesku nggak secantik yang aku harapkan (susah euuyy bikin motif swirl-nya), but oh my gawd.. Browniesnya super fudgy dan rasanya sungguh lezat sekali.. Ni brownies menurutku enak disajikan hangat pas baru kelar manggang atau dingin setelah didiemin di kulkas. Kalo suhu ruang biasa malah nggak enak, soale ada cheese cakenya. Anak lelakiku tadinya ogah makan, dia bilang aneh ada kuning-kuningnya. Tapi pas udah didiemin di kulkas and disajikan pas dia kelaperan, si bujang mau juga makan. Bahkan bilang browniesnya ternyata enak banget.. ^^v

Cheesecake Brownies

Sligtly modified from Smitten Kitchen

Cheesecake Brownies

Bahan brownies:

  • 113 gram butter (aku pake blue band cake and cookies)
  • 100 gram dark cooking chocolate
  • ½ cup gula halus
  • 2 butir telur ayam ukuran besar
  • ½ sdt vanilla extract
  • ⅔ cup tepung terigu, ayak

Bahan cheesecake:

  • 230 gram cream cheese
  • ⅓ cup gula halus
  • 1 butir telur ayam ukuran besar
  • ¼ sdt vanilla extract

Cara menyiapkan adonan brownies:

  1. Siapkan bahan-bahan dan pastikan dalam kondisi suhu ruang.
  2. Panaskan oven dengan suhu 170°C. Olesi loyang (aku pake ukuran 20 x 30 cm) dengan mentega/butter/minyak sayur. Alasi loyang dengan baking paper yang dilebihkan sedikit di kedua sisinya, sisihkan.
  3. Dengan cara au bain marie, lelehkan butter dan dark cooking chocolate sampai semua meleleh.
  4. Setelah semua meleleh, matikan kompor dan pindahkan dari atas kompor. Segera masukkan gula halus, vanilla extract dan telur. Kocok dengan menggunakan whisk sampai semua tercampur rata.
  5. Masukkan tepung terigu dimasukkan bertahap sampai 3x.
  6. Ambil ½ cup adonan brownies, sisihkan. Tuang sisa adonan ke dalam loyang.

Cara menyiapkan adonan cheesecake:

  1. Siapkan bahan-bahan dan pastikan dalam kondisi suhu ruang.
  2. Dalam wadah sedang, kocok cream cheese sampai lembut dengan menggunakan whisk.
  3. Tambahkan semua sisa bahan cheesecake, kocok sampai merata.
  4. Tuang adonan cheesecake ke dalam loyang yang sudah berisi adonan brownies. Di atas adonan cheesecake, beri adonan brownies (yang tadi disisihkan ½ cup) sebanyak ½ sdm. Beri jarak dan ulangi langkah ini sampai semua sisa adonan brownies habis. Bentuk motif marble dengan menggunakan ujung pisau atau spatula.

Memanggang cheesecake brownies:

  1. Panggang dalam oven selama kurang lebih 35 menit sampai pinggiran brownies sedikit keliahatan agak naik dan tengah brownies matang.
  2. Setelah matang, diamkan sebentar di atas coolong rack dan potong dengan pisau yang sudah dihangatkan. Sajikan dalam keadaan hangat atau dingin dari kulkas.

Selamat mencoba~

Leave a comment