Resep: Chocolate Bread Pudding Ver. 2.0

Resep yang aku pake dalam postingan ini beda dikit sama resep chocolate bread pudding yang aku pernah posting sebelumnya. Aku lebih suka resep yang ini, karena menggunakan lebih sedikit telur, jadi nggak eggy rasanya.

Dalam resep ini tengah puddingnya aku pakein milk cooking chocolate dan taburannya dikasih sliced almond. Kalo mau dikasih taburan lain atau malah nggak pake taburan, bebas. Untuk hasil yang super goey, di antara roti tawar, selain dikasih cooking chocolate, kasih pisang sejenis sunpride yang dipotong tipis. Lalu, kalo pengen lebih nyoklat, pakailah susu cair coklat. Selain lebih nyoklat, hasilnya akan lebih manis. Di sini sih aku pake yang putih aja, menyesuaikan sama stok yang ada di kulkas. Dan terakhir, untuk hasil terbaik, sebaiknya pakai dark cooking chocolate. Well, walau aku menyarankan pake dark cooking chocolate, kali ini aku pake yang milk, soale kemaren salah beli. Kirain aku beli yang dark, sampe rumah baru nyadar kalo ternyata aku belinya yang milk wkkwkwk..

Pada dasarnya, bahan dan taburan yang dipake untuk bread pudding ini bebas sebebas-bebasnya. Suka-suka yang bikin. Yang nggak berubah adalah jumlah roti, telur, mentega, susu dan vanilla extract. Oh ya, resep ini nggak pake gula juga, alasannya karena bahan-bahan yang dipake aku rasa sudah cukup manis. Daaann.. Supaya bisa dimakan pake es kriiiiiim XD

Chocolate Bread Pudding Ver. 2.0

Chocolate Bread Pudding

Bahan:

  • 4 lembar roti tawar coklat, potong jadi segitiga kecil
  • ½ cup milk cooking chocolate (sebaiknya yang dark, lebih enak), cincang kasar
  • 1 cup susu cair (sebaiknya yang coklat)
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 1 sdm mentega cair (aku pake blue band cookies and cake, lebih wangi)
  • 1 sdt vanilla extract
  • Sliced almond secukupnya (optional)

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 175ºC. Olesi loyang dengan mentega cair.
  2. Susun sebagian roti tawar secara acak di loyang, lalu taburi dengan milk cooking chocolate. Atasnya tutup dengan sisa roti tawar. Sisihkan.
  3. Pada wadah lain, kocok lepas telur. Tambahkan susu cair, vanilla extract dan mentega cair, kocok sampai rata. Tuang adonan cair ke dalam loyang yang berisikan roti tawar. Tekan-tekan roti dengan garpu atau sendok agar semua bagian roti terendam adonan cair. Taburi bagian atas roti dengan sliced almond.
  4. Panggang selama 30 menit, keluarkan dari oven dan dinginkan.

Chocolate Bread Pudding

Untuk waktu memanggang, tergantung seberapa goey chocolate bread pudding yang diinginkan. Kalo mau goey banget, cukup panggang selama 28-30 menit. Pokoknya keluarkan loyang kurang lebih 1-2 menit setelah bau coklat mulai tercium dari luar oven. Tapi kalo nggak mau terlalu goey, panggang lagi selama 5 menit atau lebih dari saat  bau coklat tercium.

Dan untuk penyajiannnya sendiri, menurutku paling enak dimakan pada saat hangat. Tapi beberapa teman yang pernah aku bikinin chocolate bread pudding ini, pada bilang enakan dimakan dingin dari lemari es.

Selamat mencoba~

 

Leave a comment