Resep: Ikan Bili Balado

Maafkan kemalasan saya. Dah lama ngga masak, jadinya stok resep di blog ini nggak nambah-nambah deh *emang ada yang peduli gt :p*. Kemaren malem aku masak Ikan Bili Balado. Ikan Bili tuh ikan yang hanya ada di danau Singkarak, Sumatra Barat. Keren banget yah ni ikan :D. Liburan tahun baru di Padang kemaren, Mama mertua beliin ikan ini yang udah dikeringin buat aku dan uda pas kita lewat danau Singkarak. Sedap deh dimakan ditemani dengan Udang Toco and rebusan daun singkong. Nyaaam…

Ikan Bili Balado

Bahan:

  • Ikan bili yang udah dikeringin sesuai selera
  • Bawang merah secukupnya *kasih banyak aja biar enak*
  • Cabe merah keriting sesuai selera
  • Tomat merah *optional*
  • Pete *optional*

Cara Memasak:

  1. Goreng ikan bili sampe kering, sisihkan
  2. Uleg cabe merah keriting sampe bijinya halus. Masukkan bawang merah. Tambahkan tomat jika nggak mau terlalu pedes.
  3. Tumis cabe yang sudah diuleg tadi dengan minyak bekas menggoreng ikan. Aduk-aduk sampai bau pedasnya hilang.
  4. Masukkan pete. Aduk-aduk lagi.
  5. Masukkan ikan bili, aduk-aduk sebentar saja supaya ikannya tetap crispy.
  6. Angkat dan sajikan.

Ikan bili yang kemaren aku bawa dari Padang ini ternyata udah asyin. Jadi nggak eike pakein garam lagi. Trus karena udah dikeringin kali yah, bekas minyak yang dipake buat nggoreng ikannya itemm.. Karena kemaren aku cuek aja pake tu minyak, jadinya agak item deh sambel baladonya. Biar jadinya cantik, pake aja minyak bekasnya separo dan minyak barunya separo. Asal jangan diganti minyak baru semua. Nggak nendang ntar rasanya :D.

Selamat mencoba ^^

2 thoughts on “Resep: Ikan Bili Balado

    • wah aku tau ikan bilih juga dari suamiku yang orang padang. aku baru ngeh kalo ikan bilih itu maksudnya anchovy, ternyata gt ya bentuknya.
      nyontek resepnya ya.. 😀

Leave a comment