Resep: Chocolate Pancake

Last weekend, our breakfast is Chocolate Pancake. Hip hip huraaaaa!

Dari beberapa hari sebelumnya diriku dah kebayang-bayang makan pancake coklat (and yes, koki itu yang berkuasa menentukan menu, lainnya pasrah ajalah ya). Cek di salah satu website favorit, ada resepnya ternyata. Dah gitu resepnya juga gancil aja. Hehehe. Uda yang biasanya nggak terlalu banyak makan pancake, sampe minta tambah-tambah lagi. Akhirnya diriku bikin batch kedua deh, separo dari batch yang pertama. Kami sepakat rasanya enyaaak. Apalgi kalo dimakan pake es krim dan saos coklat. Yam yam…. (makin musuhan deh sama timbanngan :p).

Again, resepnya nemu di web Add A Pinch. Mbak Robyn jago banget deh bikin makanan enak. Resepnya dimodif menyesuaikan bahan yang ada di dapurku. Dan asline ini ternyata resepnya pake mentega leleh, tapi diriku lupa. Wehehehhe. Pantesan agak heavy rasane dan nggak segurih pancake yang biasa tak bikin. Tapi untung tetep enak XD

Chocolate Pancake

Chocolate Pancake

Bahan:

  • 1 cup tepung terigu
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdm baking powder
  • 2 sdm gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 2 sdm coklat bubuk
  • 1 cup susu cair + 1 sdt cuka
  • 1 butir telur
  • 1 sdt vanili

Cara Membuat:

  1. Dalam wadah besar: campurkan tepung terigu, baking soda, baking powder, gula, garam, vanili dan coklat bubuk. Aduk rata.
  2. Dalam wadah yang lebih kecil: campurkan susu (yang sudah didiamkan sebentar dengan cuka) dan telur. Kocok sampai tercampur dengan rata.
  3. Tambahkan adonan dalam wadah kecil ke wadah yang besar. Aduk rata dengan menggunakan whisk (a.k.a kocokan balon). Aduk secukupnya sampai rata aja.
  4. Panaskan wajan anti lengket. Masak pancake tanpa menggunakan minyak atau mentega dengan takaran 1 sendok sayur (a.k.a 1 sds :D).
  5. Setelah matang, angkat. Masak lagi satu persatu sampai semua adonan habis.
  6. Sajikan beberapa tumpuk pancake dengan es krim ataupun sirup sesuai dengan selera masing-masing.

Gancil toh? Lumayan banget buat variasi menu makan pagi. Dan biar lebih fun, coklat bubuknya bisa diganti sama minuman coklat instan seperti cadburry, delfi, ovaltine, milo ato apapun deh. Tapi takaran gula pasirnya harus dikurangin jadi 1 sdm aja biar nggak eneq karena kemanisan. Humm, jadi pengen nyoba diganti pake minuman coklat cadbury… *ngayal makan mode on*

Selamat makan… Eh, selamat mencoba~ XD

Leave a comment