Resep: Homamade Doughnut

Beberapa waktu yang lalu, aku, Uda dan Musa ke rumah sakit. Di sana si Musa aku beliin donat meses coklat yang dijual di kantin. Trus si Musa doyan, tu donat dimakan sampe abis. Pas donatnya aku liat, mesesnya ditempelin di donat pake coklat leleh. Keren banget di mataku. Wkwkwk.. Jadi pengen banget bikin donat sendiri..

Setelah browsing, salah satu bahan yang dipake untuk membuat donat adalah ragi. Langsung cuss beli ragi ke supermarket. Wkwkkw.. Dan aku memutuskan bikinnya ngikut resep yang ada di Joy Of Baking, homemade doughnut. Beberapa kali bikin makanan pake resep yang ada di Joy Of Baking dan cocok sama seleraku. Dan lagian ada video cara bikinnya. Jadi, resep sudah di dapat!

Dan setelah jadi beneran enak! Apalagi kalo langsung dimakan setelah digoreng. Kayak donat abang-abang tapi versi lebih enak dan lebih fresh (bukan kayak donat J-Co ya). Kalo dah lebih dari 12 jam menurut aku dah mulai keras donatnya. Next time kalo bikin donat pake resep yang dari Joy Of Baking aja.

Ekseskusinya aku lakukan hari minggu yang lalu. Dan alamak jaaang, capek ya ternyata menguleni adonan donat itu. Pertama kalinya aku ngulenin adonan.  Dari adonan lengket-lengket nggak jelas gitu sampe jadi nggak lengket sendiri. Seru banget. Serius. Harus diulang lagi nih kapan proses ngulenin ini XD

Eniwei, berikut ini resepnya.

Homemade Doughnut

Resep diadaptasi dari Joy Of Baking

Homamade Doughnut

Homamade Doughnut

Bahan:

  • 2¼ cup tepung terigu (siapkan ¼ cup tepung terigu, untuk ditambahkan ke adonan jika dirasa kurang)
  • 1½ sdt ragi kering
  • 3 sdm mentega dengan suhu ruang
  • 2½ sdm gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • ½ cup susu hangat (suam-suam kuku saja)
  • 1 telur ayam ukuran besar, kocok lepas

Cara membuat:

  1. Dalam wadah besar, campur 2¼ cup tepung terigu dan ragi. Tambahkan mentega, campur dengan ujung jari (menteganya dicubit-cubit/pijit-pijit ke tepung dengan ujung jari). Kemudian tambahkan garam dan gula, aduk rata.
  2. Bikin sumur dalam wadah tepung , tambahkan susu hangat dan telur. Aduk dengan spatula, lalu dengan tangan. Jika dirasa perlu, tambahkan 1 sdm tepung terigu. Tambahkan terus sampai dirasa cukup.
  3. Pindahkan adonan ke atas permukaan rata yang sudah ditaburi sedikit tepung terigu. Uleni adonan sampai halus dan nggak lengket ditangan lagi.
  4. Bentuk bulan adonan dan taro di wadah yang sudah diolesi dengan sedikit minyak. Tutup dengan cling wrap. Letakkan di area yang hangat dalam rumah dan diamkan selama 1½ –  2 jam.
  5. Setelah adonan mengembang minimal 2x dari sebelumnya, buka cling wrap. Pukul sedikit adonan untuk mengeluarkan angin. Lalu pindahkan adonan ke tempat berpermukaan rata yang sudah ditaburi dengan sedikit tepung terigu, giling adonan dengan rolling pin sampai kira-kira setebal 1 cm. Gunakan 2 cookie cutter dengan ukuran berbeda (besar dan kecil) untuk mencetak donat. Pertama celupkan cookie cutter besar ke dalam tepung, lalu potong bulat adonan dengan cookie cutter tersebut. Kedua, celupkan cookie cutter kecil ke dalam tepung, potong bulat adonan ditengah adonan besar tadi. Hasilnya adonan berbentuk donat besar dan donat mini. Ulangi langkah ke-5 ini sampai semua adonan habis.
  6. Letakkan adonan yang sudah dicetak tadi ke loyang besar yang sudah diolesi minyak dan tutup dengan cling wrap. Jika cling wrap menempel dengan donat, olesi juga cling wrap dengan minyak sebelumnya. Diamkan adonan selama 30-60 menit di ruang yang hangat. Adonan akan mengembang kurang lebih sampai 2x ukuran semula.
  7. Panaskan banyak minyak goreng dalam wajan dengan api kecil sampai suhu 190 ºC. Goreng donat sampai berwarna coklat, setiap sisi digoreng selama 30 detik. Tiriskan donat, beri topping yang sesuai selera, sajikan donat.

20160110_175330

Langkahnya agak panjang ya. Oke berikut ini tips tambahan dalam membuat donat ini.

  1. Pada saat mendiamkan adonan yang udah diulenin dan dicetak, aku taro di samping magicom. Mayan cepet tuh ngembangnya.
  2. Donat ini digoreng dengan cara deep fry, maka itu butuh minyak goreng agak banyak. Kenapa suhunya harus 190 ºC? Karena biar donatnya nggak terlalu banyak menyerap minyak. Jika nggak punya termometer masak, panaskan saja minyak dengan api kecil sampai kira-kira minyaknya sudah panas sekali. Untuk pertama coba goreng donat mini terlebih dahulu. Jika setiap sisinya berwarna kecoklatan dalam waktu kurang lebih 30 detik, maka minyak sudah siap.
  3. Untuk donat mini, sebelum digoreng, ada baiknya ditusuk sedikit dulu dengan garpu kedua sisinya. Maksudnya biar donatnya agak gepeng, jadi nanti pas ngegoreng ngebaliknya gampang. Kalo nggak mau pake donat mini, setelah adonan donat tengahnya dibolong, jadiin satu sama adonan sisa dan giling lagi aja.
  4. Untuk alat-alat yang aku pake sebenernya tu alakadar banget. Nggak semua alat yang aku sebutkan di atas aku punya. Rolling pin digantiin sama botol minuman besar yang permukaannya rata, cookie cutter yang besar digantiin sama gelas bulat yang berdiameter agak besar, cookie cutter yang kecil digantikan sama botol kaca asi. Juga karena dapurku pake tegel biasa, aku nguleninnya dibaskom aja. Pas harus ngegiling adonan, aku taro di nampan. Hahahha.. Anti pantang menyerah deh pokoknya!
  5. Untuk topping dengan coklat, caranya lelehkan coklat masak dengan cara ditim. Setelah meleleh, celupkan donat ke dalam coklat tadi dan taburi dengan kacang panggang atau meses. Pas aku coba yang pake meses sih jadinya aku blenger, rasanya kemanisan. Padahal aku pake dark coklat. Kayaknya lebih enak kalo di atas coklatnya ditaburin kacang panggang. So far aku dan anakku lebih suka toppingnya pake gula halus saja.

Silahkan dicoba donatnya~ ^^v

2 thoughts on “Resep: Homamade Doughnut

  1. kayanya enaaaak…aku suka donat gula ala kampung gitu
    tapi kayanya postingannya perlu model mbak suti, kasi potonya Musa belepotan makan donat hahaha

Leave a comment