Resep: Tumis Genjer Tauco

Mungkin nggak banyak yang tau deh mengenai keberadaan sayur yang namanya Genjer. Genjer itu sayuran yang hidupnya di tempat yang banyak airnya, seperti sawah. Batangnya tebal berongga dan daunnya pun tebal juga. Daun maupun kuntumnya bisa dimasak. Bentuknya gini nih…

Courtesy of Dina Mardiana

Kalo ngomongin genjer, aku jadi inget masa kecilku dulu. Jadi jaman aku kecil dulu, aku sering banget diajak tante dan bibiku naik motor nyari genjer di sawah terdekat dari rumah. Sawahnya sih entah punya siapa ya.. Nah, setiap tante dan bibiku terjun ke sawah metikin genjer, aku pasti dilarangan ikutan. Namanya juga sawah, kotor bin becek. Tanteku nggak mau keponakannya yang kece ini ikut kotor belepotan. Jadilah aku bengong nungguin mereka selesai sambil mondar mandir di pematang sawah. Sampe suatu kali, aku jalan di pematang sawah dengan gaya ala pragawati pake payung kecil dan kaca mata hitam. Dasar apes, aku kepleset dan nyemplung dengan sempurna ke dalam sawah. Yang aku inget, bibiku ketawa lamaaaa banget nggak bisa berenti.Ā  Entah bentukku waktu itu kayak apa.. Dan sejak itu, aku suka ogah ikut ke sawah buat metik genjer lagi.. šŸ˜€

Sekian lama aku nggak pernah denger lagi yang namanya tumis genjer. Sampe akhirnya 3-4 tahun yang lalu, aku nemu menu masakan tumis genjer waktu makan di Chicken Story yang di Plaza Semanggi. Wih, waktu itu rasanya enak bangeettt…Dan sejak aku cuti hamil, aku sering ngeliat ni sayuran genjer mentah di jual di pasar. Ya udah deh, nekat beli baru browsing resep trus dimasak.

Kebanyakan resep yang aku temuin pasti Tumis Genjer Oncom. Dan karena diriku nggak inget oncom rasanya kayak apa, nggak pernah masak pake oncom juga, akhirnya aku pilih resep Tumis Genjer Tauco. Resepnya simple dan rasanya menurutku enyak.. Resep aslinya liat di web Tabloid Nova.

Tumis Genjer Tauco

Bahan:

  • 1 ikat daun dan batang genjer
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 cabe rawit merah *nggak berani banyak-banyak*
  • 1 sdm makan tauco
  • Ā½ sdt garam
  • Sedikit air
  • Minyak zaitun untuk menumis

Cara Memasak:

  1. Potong-potong genjer, cuci bersih sambil agak diremas-remas, tiriskan dan sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai agak layu. Tambahkan cabe rawit dan tauco.
  3. Masukkan genjer dan garam. Aduk sampai genjer layu.
  4. Tambahkan sedikit air. Setelah air mendidih, angkat dan sajikan

Dah. Kelar deh. Gampang kan…. Untuk yang belom pernah makan genjer, silahkan dicoba resepnya. Lumayan loh buat variasi menu makan šŸ˜‰

Selamat mencoba~

Leave a comment