Resep: Bihun Goreng Bumbu Jawa

Another morning and another confusion, what should I cook for breakfast.. Setiap weekend, Uda pasti makan pagi di rumah. Jadi bisalah bikin makanan yang aneh-aneh dan istimewa untuk dipersembahkan ke suamiku yang paling ganteng ituh… Cuman aku juga dah mentok, nggak ada ide mau masak apa.

Aku inget di rumah Jogja, setiap minggu pagi, Ibuku selalu masak bihun goreng. Rasanya? Ya pasti enak tho yo.. Masakan Ibuku je.. Diriku yang sedang merindukan masakan rumah memutuskan untuk bikin bihun goreng saja. Bihunnya juga udah ada. Resepnya juga ada di buku resep Primarasa Praktis, Sekejap & Nikmat: Menu Keluarga Kecil. Dan dengan berbekal basmallah *karena diriku belom pernah masak pake bihun sebelomnya :p*, diriku masak ni Mie Goreng Bumbu Jawa.

Mie Goreng Bumbu Jawa

Bahan:

  • 150 gram bihun kering
  • 100 gram filet ayam, potong tipis-tipis → aku pake 200 gram
  • 200 gram udang ukuran sedang → nggak pake, kata Uda, “Kolestrol!” 😦
  • 100 gram daun kol, potong-potong → aku pake sawi hijau
  • 2 batang daun bawang, iris serong
  • 2 batang daun seledri, iris-iris
  • 2 butir telur
  • 2 sdm air → aku pake kaldu
  • ¼ sdt garam → nggak pake
  • Minyak goreng → aku ganti pake mentega
  • 1 ½ sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 100 ml kaldu/air → aku pake kaldu
  • Bawang goreng untuk taburan → nggak pake, nggak punya 😦

Bumbu Halus:

  • 6 butir kemiri → aku pake 5
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt garam

Cara Memasak:

  1. Rendam bihun dalam air mendidih sampai lembek. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Kocok telur lepas, kasih garam dan kaldu dikit. Goreng menjadi orak-arik telor. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus dengan mentega sampai bau langunya ilang.
  4. Masukkna ayam fillet, kecap manis, kecap asin dan air/kaldu. Aduk hingga ayam berubah warna.
  5. Masukkan udang (kalo pake), kol (ato sawi hijau), daun bawang dan seledri. Aduk-aduk sampai udang matang.
  6. Masukkan bihun, aduk-aduk sampai kuah air/kaldu mengering. Tambahkan telur orak arik, aduk-aduk sebentar. Angkat dan sajikan.
  7. Taburi dengan bawang goreng.

Alhamdulillah ya, rasanya enak. Kata Uda juga enak. Dia makan sampe 2 piring. Hihiihi. Rasanya sih beda sama Bihun Goreng bikinan ibuku. Tapi cukuplah untuk mengobati rasa rindu. Dan ni menu kayaknya bakal sering aku bikin buat makan pagi di hari Minggu. Dan paling enak, makan bihunnya pake cabe rawit. Sedap deh..

Selamat mencoba~

5 thoughts on “Resep: Bihun Goreng Bumbu Jawa

  1. Pingback: bumbu halusCara Cohofest | Cara Cohofest

Leave a comment