Resep: Easy Chocolate Cake

Setelah sekian abad, aku post resep baru juga. Sejak punya anak, aku muales banget masak. Keenakan ada si Peni, mbaknya Musa yang juga selalu masakin buat kita di rumah :p.

Awalnya pengen masak Chocolate Sheet Cake ini (ya, itulah nama resepnya sebenernya) gara-gara nemu pas ngerapiin bookmark browser di kantor. Akhirnya malah buka-buka resep yang ada di bookmark. Dan pas buka resep Chocolate Sheet Cake yang ada di blog Add A Pinch, kok gambarnya menarik trus kayaknya gampang.. Gampang buatku adalah kalo nggak perlu pake mixer, males bongkar kerdus mixernya :p. Jadilah aku praktek di rumah. Dan ternyata emang beneran enak loh ^^. Adek ipar suka banget sama cake ini.

Kenapa namanya berubah jadi Easy Chocolate Cake, karena aku salah bikin icingnya. Harusnya pas disiram di atas kue, icingnya mengental. Nah pas aku bikin icing, kok cair banget rasanya. Selesai bikin icing, aku biarin di panci, tak diemin nunggu agak kental, nggak kental-kental juga. Ya udah, jadiin saos aja deh. Gagalnya juga karena aku ngga memperhatikan takarannya dengan benar sih. Takaran menteganya nggak sebanyak yang seharusnya dan aku pake gula pasir. Untungnya pas kelar nggak langsung aku tuang gt aja ke cake yang di loyang, kalo nggak bakal soggy banget tuh. Wkwkwkwk.

Ini resep yang udah aku modif. Btw maafkan tangannya hehehhe… Itu pas tepat setelah icingnya berubah wujud jadi saus coklat, langsung potong, taro piring, siram saos, bawa ke tempat terang di rumah, foto pake hape dan happ.. nyam nyam nyam… Cakenya nggak dipercantik sama sekali. Dah nggak sabar nyobain. Cakenya masih anget-anget gitu..  Dan pas dipotong, tengahnya masih goeyyyy.. Bahkan di potongan lain ada yang meleleh gitu tengahnya XD

Easy Chocolate Cake

Easy Chocolate Cake

Bahan-bahan:

Bahan Cake:

  • 150 gram mentega (kurang lebih ¾ blueband yang 200 gram)
  • 3 sdm coklat bubuk
  • 1 cup air
  • ½ cup minyak goreng
  • 2 cup tepung
  • 1 sdt garam
  • 2 cup gula pasir
  • 2 telur
  • 1 sdt baking soda
  • ½ cup buttermilk*

Bahan Icing:

  • 150 gram mentega (kurang lebih ¾ blueband yang 200 gram)
  • 2 sdm coklat bubuk
  • 1 ¾ cup gula halus**
  • 1/4 cup milk
  • 1 teaspoon vanilla

Cara Membuat:

Kuenya:

  1. Panaskan oven sampai 175º C.
  2. Dalam panci (kalo ada yang heavy bottom supaya ngga cepet gosong), lelehkan mentega dan coklat bubuk.
  3. Tambahkan air dan coklat bubuk.
  4. Panaskan hingga mendidih, lalu angkat dari kompor.
  5. Tambahkan tepung, garam dan gula. Aduk rata.
  6. Tambahkan telur, buttermilk** dan baking soda. Aduk rata.
  7. Tuang pada loyang dan panggang selama 25 menit.

 Icingnya:

  1. Lelehkan mentega dan coklat bubuk.
  2. Tambahkan bahan lainnya kecuali extract vanili.
  3. Panaskan hingga mendidih, lalu angkat dari kompor.
  4. Tambahkan extract vanili dan aduk rata.
  5. Tuang ke atas cake yang masih hangat.

*Buttermilk bisa digantikan dengan susu cair putih dikasih cuka. Kalo menurut takaran di atas 100ml susu putih + beberapa tetes cuka. Jangan tanya tepatnya beberapa tetes ya, aku ngawur :p..

**Resep aslinya butuh 3 cup gula halus. Tapi ngebayanginnya aja aku dah sakit gigi, Jadi aku kurangin sampe 1¾ – 2  cup. Tapi itu juga masih kemanisan. Mungkin karena menteganya kurang dan atau gula yang aku pake salah.

Cakenya ni modelnya tengahnya memang goey. Jadi pas dites pake tusuk gigi, tusuk giginya pasti akan basah. Kalo udah selesai waktu panggangnya, angkat aja. Jangan dilanjutin manggang, nanti luarnya malah gosong. Dan kalo di blog Add A Pinch, bilangnya icingnya ditunggu dingin dulu baru disajikan.

Selamat mencoba.

Leave a comment