Resep: Cumi Asin Cabe Hijau

In my opinion, adek perempuanku itu jago masak. She’s a better cook if you compare it to me. Lebih tepatnya bukan jago masak sih, karena pengetahuan dia akan resep dan bumbu juga biasa aja. Tapi, kalo dia yang masak, pasti enak. Ciyus.. Tangannya itu loh tangan ahli masak (Dian, kalo kamu baca post ini, fyi, nggak mungkin aku muji kalo nggak ada maunya :p).

Anyway, Cumi Asin Cabe Hijau itu, makanan favoritnya Dian dan juga makanan yang paling sering dia masakin kalo lagi di rumahku. Rasanya ya sudah pasti enak tho yo.. XD

Sabtu malem kemaren, my yobo kelaperan. Pas obrak abrik kulkas nemu cumi kering (masih bagus), tomat ijo (masih bagus) dan cabe hijau besar (masih bagus). Alhamdulillah semua bahan masih bagus XD. Langsung deh telpon Dian nanya resep. Jadinya ya sudah pasti enak tho yo… Adek ipar aja sampe nambah 2 piring nasi.. Hehehhe.

Cumi Asin Cabe Hijau

Cumi_asin_cabe_ijo[1]

Bahan:

  • 1 ½ ons cumi asin
  • 7 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 buah tomat hijau, potong 8 bagian
  • 4 buah cabe hijau besar, iris serong
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • Garam secukupnya

Cara memasak:

  1. Cuci bersih cumi asin. Rebus dengan air selama 5 menit. Angkat dan buang airnya. Ganti anti dengan air yang baru, rebus lagi selama 5 menit atau sampai cukup lunak dagingnya. Angkay dan tiriskan. Potong bulat, sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan cabe hijau dan tomat hijau sampai layu. Tambahkan garam. Aduk-aduk.
  3. Masukkan cumi asin, aduk rata. Tambahkan kecap manis dan saus tiram. Aduk-aduk sampai rata dan matang.
  4. Angkat dan sajikan.

Kenapa cuminya direbus sampai dua kali? Saya juga tidak tahu. Wkwkwkw. Adekku bilangnya direbus dua kali dan airnya diganti. Mungkin karena air rebusan pertama kesannya kotor karena busa dari tintanya suka keluar, jadi dia ganti trus direbus lagi. Yang jelas, semakin lama direbus, semakin nggak asin cuminya. Pemberian garam harus hati-hati supaya nggak keasinan.

Resepnya gampang, rasanya enak, masaknya juga cepet. Top dah. Wkwkwkw.

Selamat mencoba~

4 thoughts on “Resep: Cumi Asin Cabe Hijau

Leave a comment