Resep: Udang Goreng Mentega

Tak terasa hampir 7 bulan aku nggak pernah ngisi blog ini. Soalnya aku sibbuuukkk banget.. Sibuk molor, sibuk main game, sibuk gangguin anak hehehehe.. Tiap buka wordpress sampe harus reset password mulu karena lupa.. ^^”

Beberapa waktu yang lalu aku sempet bosen banget dengan makanan yang aku masak sendiri, karena sudah lama tidak ada revolusi menu di dapurku (halah..revolusi…). Jadilah diriku mencari-cari resep baru, yang gampang tentunya. Salah satunya hasil revolusinya ya resep ini, udang goreng mentega. Iya bertahun-tahun menikah aku belum pernah masak udang goreng mentega. Selalu dimasak jadi yang lain (btw baru nyadar, aku banyak resep udang tapi nggak pernah diupload ^^”). Pas browsing resep, aku tertarik sama resep udang goreng menteganya mbak Ricke Indriani, pemilik blog Just My Ordinary Kitchen.

Resep yang aku pake nggak plek sama kayak punya mbak Ricke, diubah dikit untuk menyesuaikan seleraku dan suami. Di blog mbak Ricke, udang yang dipakai masih berkulit. Nah aku selama menikah nggak pernah masak udang dengan kulitnya. Pernah sih dulu sekali pas awal-awal nikah. Aku masak udang kan tuh sak arat-arat, trus mosok pas udah kelaperan and mau makan suamiku minta dikupasin kulit udangnya. Dia males ngupas sendiri.. Duuuh! Akhirnya sejak itu, say not to kulit udang. Daripada repot disuruh ngupasin udang pas diriku lagi laper-lapernya, mending aku kupas semua deh sebelum mulai masak.

Perbedaannya selain di kulit udang, aku nggak pake kecap manis, kaldu bubuk, garam dan gula. Untuk garam dan bawang putih, udangnya sendiri dah aku bumbuin pake garem dan bawang putih sebelum digoreng, jadi nggak perlu ditambah lagi. Aku juga nambahin daun bawang dan merica. Oh ya untuk udang gorengnya sendiri, aku rendem pake jeruk nipis 2x. Yang pertama dikucuri banyak trus dibilas, yang kedua dikucuri dikit trus nggak dibilas. Aku ngikutin ajaran ibu mertuaku yang selalu melakukan hal itu untuk semua seafood. Hasilnya, seafood nggak bau amis dan ada rasa segernya pas dimasak.

Udang Goreng Mentega

Terinspirasi dari blog Just My Ordinary Kitchen (Ricke Indriani)

Udang Goreng Mentega

Bahan udang goreng:

  • 150-200 gram udang tanpa kulit
  • 2 siung bawang putih, ulek halus
  • ½ buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya

Bahan tumisan:

  • ½ siung bawang bombay, cincang
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 batang daun bawang, iris tipis (sisakan bagian hijau untuk garnish)
  • 2 sdm margarin/mentega
  • 1 sdt lebih dikit kecap inggris
  • 1 sdt lebih dikit saus tiram
  • Merica bubuk secukupnya

Cara memasak:

  1. Kupas kulit udang, cuci bersih dan kucuri dengan sebagian besar air jeruk nipis. Sisihkan selama 15 menit. Bilas udang sampai bersih dan bumbui dengan garam, bawang putih dan jeruk nipis. Sisihkan kembali selama 10 menit agar bumbu meresap. Goreng udang sampai berubah warna saja, jangan sampai kering.
  2. Tumis bawang bombay dan daun bawang dengan mentega (disini biasanya aku menumisnya agak lama karena pakai api kecil, tapi hasilnya akan jauh lebih enak). Setelah bawang bombay mulai layu, masukkan bawang putih. Tumis sampai harum.
  3. Masukkan udang, kecap inggris, saus tiram dan merica. Aduk-aduk dan masak sampai bumbu tumisan meresap ke dalam udang.
  4. Setelah matang, angkat, taburi dengan potongan daun bawang mentah dan sajikan hangat.

Selamat mencoba~

Leave a comment