Resep: Perkedel Kentang

Sebenernya banyak makanan yang tadinya aku nggak doyan, jadi doyan setelah menikah. Salah satunya perkedel kentang. Nah ini malah aku doyannya setelah punya anak. Dulu aku nggak ngerti, dimana sih fun-nya makan perkedel kentang. Nggak ada yang special dari rasanya. Aku mulai doyan pas aku sekeluarga mudik ke Padang. Waktu itu aku desperate karena Musa mogok makan. Ibu mertuaku ngasih saran menu perkedel kentang. Langsung deh aku bikin, bumbunya diajarin Ibu mertua. Alhamdulillah, selain Musa doyan, aku sendiri juga jadi doyan.

Biasanya kalo bikin perkedel kentang, aku pake bumbunya bawang merah goreng, bawang putih nggak digoreng, garam dan merica. Tapi ini tadi iseng bikin dengan bawang putih goreng. Dan… bisa dikatakan bahwa ternyata aku bukan fan dari bawang putih goreng ^^”. Untuk yang suka bawang putih goreng, kayaknya bakal suka-suka aja.

Oh ya, biasanya juga perkedel kentang sering aku bekuin. Waktu adonannya udah jadi, sebelum dicelup ke telur, aku taro di kotak yang dasarnya dialasi plastik dan dimasukin ke freezer. Biasanya perkedel kentang ini buat bekal makan siang suamiku. Atau kalo sewaktu-waktu pengen, tinggal goreng deh..

Ini fotonya sambil digangguin sama anakku. Yang digeser-geser piringnya, dipegang-pegang perkedelnya trus ditaroin mainan deket piring. Wes wes… 😀

Perkedel Kentang

Perkedel Kentang

Bahan:

  • 350 gram kentang
  • 3 siung bawang merah, digoreng
  • 2 siung bawang putih, digoreng
  • 2 batang seledri, cincang
  • 1 kuning telur
  • 1 putih telur, kocok lepas
  • Garam dan merica secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Kupas kentang, potong kotak dan cuci sampai bersih. Setelah itu di goreng sampai berwarna sedikit kecoklatan.
  2. Ulek halus kentang, bawang merah dan bawang putih.
  3. Dalam satu wadah, campur rata adonan kentang yang sudah diulek, seledri cincang, garam dan merica. Cicipi adonan, jika ada yang kurang, koreksi rasanya. Tambahkan kuning telur dan aduk rata.
  4. Bentuk bulat perkedel lalu gepengkan dengan tangan. Rapikan bentuk perkedel agak tidak ada yang pecah (biar bulat gepeng rapih, gitu..).
  5. Panaskan minyak dalam wajan, celupkan perkedel dalam putih telur lalu goreng dalam minyak yang sudah panas. Angkat perkedel dan sajikan.

Selamat mencoba~

Leave a comment