Resep: Kolak Pisang

Akhir-akhir aku banyak pengen makan makanan Indonesia yang bikinan sendiri, terutama jajanan. Mau yang tradisional ataupun yang keminggris. Awalnya sih cuman pengen bikin lumpia isi bengkoang, mikir juga kalo beli kulit lumpia di supermarket yang isinya 40 itu..bosen banget kalo dibuat bungkus lumpia semua. Asiknya dibuat bungkus lumpia isi bengkoang, martabak isi tahu dan piscok lumer. Cuss beli kulit lumpia dan bahan-bahan lainnya. Sisa pisang dari piscok lumer, bisa dibuat jadi kolak. Dan hari ini jadilah semua makanan tersebut. Hihihii… Yah walau rasa dari martabak tahunya masih belum sesuai dengan yang diharapkan..^^

Seumur hidup, aku cuman pernah bikin kolak pisang satu kali. Dan hasilnya fail! Aku dan suami cuman sanggup makan sekali, sisanya masuk tong sampah saking nggak enaknya X(. (Lagi-lagi) waktu blog walking aku nemu resep kolak milik blog Just Try & Taste milik mbak Endang Indriani. Dengan membaca basmallah, saya mulai menyiapkan bahan-bahan dan memasaknya sore tadi. Alhamdulillah, berkat rahmat dan petunjuk dari Allah SWT, saya berhasil memasaknya. Hasilnya ENAK! Sampe pengen nangis saking senengnya (l.e.b.a.y) :p

Aku bikin kolak setengah dari resep aslinya. Dan disesuaikan dengan seleraku. Kalo di resep asli pake ubi, aku nggak pake karena nggak suka ubi di kolak :p. Juga sebagai pengganti vanila, daun pandannya aku bayakin. Selain itu, harusnya habis ngerebus gula sampai mendidih, airnya di saring biar bersih air gulanya. Tapi aku lupa hehehe.. Yak, mari disimak resepnya.

Kolak Pisang

Diadaptasi dari blog Just Try And Taste (mbak Endang Indriani)

Kolak Pisang 1

Bahan:

  • 5 buah pisang kepok, potong serong menjadi 4 bagian
  • 200 gram kolang kaling
  • 100 gram gula kelapa
  • 2 lembar daun pandan ukuran sangat besar (kalo yang kecil-sedang kurang lebih 5 lembar), potong atau ikat sesuai selera
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 buah santan kara ukuran 65 ml
  • 1 L air
  • Seujung sendok teh garam

20170120_181459

Cara memasak:

  1. Rebus air bersama dengan gula kelapa dan daun pandan sampai mendidih.
  2. Setelah mendidih, masukkan kolang-kaling ke dalam panci dan masak sampai cukup matang.
  3. Tambahkan gula pasir, pisang dan garam.
  4. Sebelum pisang matang, tambahkan lagi santan dan masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Koreksi rasa, jika sudah sesuai, matikan kompor dan kolak siap dihidangkan.

Selamat mencoba~

 

Leave a comment