Resep: Chewy Chocolate Chip

Udah sebulan aku ngeliatin resep chocolate chip yang ada di blog Add A Pinch. Menggoda banget deh judulnya, The Perferct Chocolate Chip Cookies. Dan malam ini, setelah Musa bobok, diriku langsung deh ngibrit ke dapur untuk panggang memanggang.

Dan jadinya kata Uda, “Buset deh! Mau lebaran ya?” ngeliat ada 4 toples penuh chocolate chip. Ternyata jadinya buanyak banget. Itu juga akhirnya ada yang aku buang deh, gara-gara pulsa listriknya dah abis banyak (aku pake electric oven). Itu kalo dipanggang semua kayaknya jadi deh 5 toples. Udah gitu pas diicip, ugh, kemanisan… Udah beberapa kali nih aku bikin desert dari blog bule ujung-ujungnya kemanisan. Apa gula disana nggak semanis gula di Indonesia ya? Ato emang orang sana doyan yang muanis banget kayak gitu? Hhhhh.. Cookies pertama bikinanku gagal deh. Hiks..

Setelah aku pikir, kayaknya aku lebih suka bikin cake daripada cookies. Karena cake manggangnya cuman sekali (biasanya sih 40 menit). Tapi cookies yang tadi ku bikin total kayaknya ada deh 60 menitan. Karena ovennya kecil, cuman muat satu loyang. Kalo cake masih nggak masalah. Tapi kalo cookies, weks, walau manggangnya cuman 10 menit, harus bolak-balik masukin loyang. Eh kok jadi curhat.. :p

Anyway, kalo jadinya nggak kemanisa, resep ini bakalan jadi favoritku deh. Tekstur cookiesnya chewy gitu. Kalo mau bikin lagi, kayaknya aku cuman pake ½ resepnya aja. Monggo disimak resepnya..

Chewy Chocolate Chip Cookies

20131123_225555

Bahan:

  • 4 ½ cup tepung terigu
  • 1 ½ cup gula pasir*
  • 1 ½ cup gula coklat (brown sugar)*
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt baking powder
  • 2 telur ayam
  • 1 ½ cup mentega, suhu ruang
  • 1 sdt vanilla paste
  • 50 gram chocolate chip

Cara memasak:

  1. Wadah 1: Campurkan tepung, baking soda, baking powder.
  2. Wadah 2: Dengan electric mixer high speed, kocok gula pasir, gula palem sampai jadi adonan yang ringan dan creamy. Tambahkan vanilla paste dan telur, kocok sampai rata.
  3. Kurangi kecepatan electric mixer. Tambahkan adonan tepung sedikit demi sedikit ke wadah 2.
  4. Matikan mixer. Dengan sendok kayu (ato apa aja), campurkan chocolate chip.
  5. Panaskan oven dengan suhu 175 derajat C.
  6. Dengan takaran 1 ½ sdt, panggang seluruh adonan selama 10 menit.
  7. Dinginkan cookies yang sudah matang, dan simpang ke dalam wadah yang tertutup rapat.

*Brown sugarnya aku ganti dengan gula palem. Jadi seluruh takaran gulanya yang aku pake 2 cup gula pasir dan 1 cup gula palem. Saranku sih gula pasirnya kurangi aja jadi 1 cup.

20131123_230849

Hummm besok saatnya mendistribusikan cookiesnya nih. Nggak mungkin aku abisin sendiri. Kekekke.. Selamat mencoba~

Leave a comment